Potongan 10% untuk pembelian ulang tahun berikutnya!

[email protected]

+62857 8080 8040

Usaha Roti Rumahan? Ini Dia Tips Untuk Memulainya

Roti tuh salah satu cemilan favorit orang Indonesia. Roti juga bisa jadi bisnis yang lumayan laku. Pasti deh kamu bisa dapet untung gede soalnya banyak banget orang Indonesia yang suka makan roti buat sarapan atau ngemil-ngemil. Tapi sebelum mulai bisnis ini, kamu harus mikir dulu sampe mateng. Makanya di sini kamu bakal belajar gimana caranya mulai usaha roti di rumah yang oke punya. Jangan sampe ketinggalan infonya ya.

Sebelumnya kita udah bahas banyak soal roti. Kita udah bahas perbedaan Pastry Puff dan pastry Danish yang mana adalah pengetahuan tambahan buat kamu sebagai pembuat roti. Sebelumnya kita juga udah ngobrol panjang soal cara mulai bisnis toko roti di Indonesia yang bisa kamu jadikan acuan untuk bikin bisnis roti baru. Tapi kali ini kita bakal bicara lebih spesifik soal membuat usaha roti rumahan yang nanti tidak kalah bersaing.

usaha roti rumahan

Tips Memulai Usaha Roti Rumahan

Mulai usaha roti di rumah bisa bikin kamu pusing tujuh keliling. Tapi jangan langsung nyerah aja. Tips-tips yang bakal kamu pelajari di sini bakal bantu kamu ngerti apa aja yang harus disiapin.

Rencanain Bisnis yang Mantap

Langkah awal pastinya rencanain bisnis yang mantap. Rencana yang bagus butuh ilmu yang bagus juga. Makanya kamu harus mulai cari tau macem-macem roti yang ada, gimana kondisi bisnis roti sekarang, dan belajar dari pengalaman orang-orang yang udah sukses di bisnis roti. Terus mulai deh bikin rencana bisnis roti kamu sendiri.

Apa aja yang harus direncanain? Kamu bisa mulai dari produk, kemasan, tempat bikin, sasaran pelanggan, sampe kapan waktu yang pas buat jalanin bisnis. Semua hal ini harus dipikirin sampe jelas supaya hasil bisnis kamu bisa sesuai harapan.

Dapetin Sertifikat Ahli

Dari rencana yang udah dibikin, mungkin aja kamu kepikiran buat dapetin sertifikat bikin roti. Sertifikat bikin roti pasti ngabisin duit yang banyak. Tapi kalo kamu udah yakin buat serius di bisnis ini pas rencana, dapetin sertifikat bisa jadi modal yang berguna. Emang sih semua resep roti bisa dicari di internet, tapi kalo belajar langsung dari yang jago pasti bikin produk roti kamu lebih beda dari yang lain.

Tentuin Jenis Roti

tentukan jenis roti

Buat mulai bisnis kamu harus milih jenis roti yang mau dijual. Kamu mau jual satu jenis roti aja atau macem-macem? Hal-hal kayak gini harus dipikirin sebelum bisnis. Nentuin hal ini dari awal bakal bikin bisnis jalan sesuai tujuan yang udah ditetapin. Kamu jadi nggak bakal goyah sama semua saingan yang ada di pasar. Kalau kamu masih bingung, coba baca artikel sebelumnya soal perbedaan Pastry Puff dan Pastry Danish yang bisa jadi pengetahuan tambahan yang baik buat seorang baker pemula.

Pake Dapur Rumah Aja Dulu

Pake dapur rumah dulu aja buat permulaan bisnis itu pilihan yang pinter. Pake dapur rumah pas masa coba-coba bakal ngurangin biaya produksi yang bisa gede banget. Lagian kamu nggak usah banding-bandingin diri sama orang lain yang udah punya dapur usaha sendiri.

Nggak usah buru-buru soalnya nanti juga bakal ada waktunya kamu punya tempat usaha sendiri. Pas bisnis udah maju, baru deh kamu bisa mulai beli atau sewa tempat buat bikin sekaligus jual produk roti yang udah dibikin.

Pikirin Brand dan Kemasan yang Cakep

kemasan roti yang bagus

Bisnis nggak cuma ngomongin produk tapi juga ngomongin kemasan yang cakep dan menarik. Coba deh pikirin desain logo dan nama brand roti yang kamu jual. Desain logo dan nama brand yang cakep bakal bikin pelanggan pada dateng dan pengen nyobain roti buatan kamu. Pake juga kemasan yang cakep soalnya kemasan itu penting banget buat pelanggan buat milih produk.

Hitung Semua Biaya

Hitung semua biaya bakal bantu kamu tau modal awal yang dibutuhin buat buka usaha roti ini. Hitung semua biaya bahan, kemasan dan promosi yang mau dilakuin. Hasil akhir dari semua biaya produksi ini juga bakal berguna buat nentuin harga yang cocok.

Promosi Jangan Sampe Ketinggalan

Yang terakhir tapi nggak kalah penting adalah promosi. Promosiin bisnis roti kamu bisa pake cara-cara berikut:

Promosi pake media sosial.
Promosi pake grup-grup pribadi.
Promosi pake selebaran.
Promosi pake iklan-iklan online.
Promosi pake kasih sampel gratis.
Promosi pake diskon, bundle dan acara giveaway.
Promosi pake kolaborasi.

Anindya Nufa
Penulis budiman, food enthusiast, student of life, pokoknya yang baik-baik aja deh lol

Related Stories

Discover

Resep Pancake Blueberry

Resep Pancake Blueberry Hari ini aku akan bagikan resep Pancake Blueberry yang pastinya bakal membangkitkan...

Resep Bibimbap Korea ala Rumahan

Resep Bibimbap Korea ala Rumahan Halo semuanya! Kali ini saya akan mengajak kalian semua untuk...

Keunggulan Fondant dalam Pembuatan Kue

Waktu aku pertama kali terjun ke dalam bisnis dekorasi kue, salah satu pertanyaan dasarku...

Miskonsepsi Tentang Fondant yang Beredar di Masyarakat

Aku pribadi ga heran kalau banyak miskonsepsi tentang fondant di masyarakat umum. Karena memang...

Resep Ayam Panggang Bumbu Jeruk

Resep Ayam Panggang Bumbu Jeruk Bicara soal menu makan malam, kita ga cuma bicara soal...

Resep Bubur Oat dengan Keju Cheddar

Bubur Oat dengan Keju Cheddar Ingin memulai hari dengan sarapan yang lezat dan mengenyangkan? Bubur...

Terbaru dari Instagram

Featured

Resep Terbaru

Our Cakes!

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here