Potongan 10% untuk pembelian ulang tahun berikutnya!

[email protected]

+62857 8080 8040

Cara Membuat Glaze Cokelat Untuk Dessert Kamu Sendiri

Hidangan penutup jadi lebih istimewa dengan tambahan glaze cokelat yang tebal. Apa pun makanan manisnya, mulai dari es krim, brownies, donat, atau lainnya, lapisan cokelat bisa menambah cita rasa dan tampilan hidangan penutup. Tahu cara membuat glaze yang pas bisa meningkatkan keuntungan usaha kulinermu.

Membuat glaze cokelat ternyata nggak semudah kelihatannya lho. Butuh trik khusus agar lapisan cokelatnya bisa terbentuk dengan sempurna. Hasil yang diharapkan saat membuat lapisan cokelat adalah nggak terlalu lengket saat dituang.

Yuk, simak resep glaze cokelat yang bisa kamu buat sendiri di dapur usahamu.

Cara Membuat Glaze Cokelat untuk Hidangan Penutup

Lebih baik kalau usaha kulinermu membuat glazemu sendiri, karena kamu bisa menentukan ketebalannya sesuai selera. Selain hemat biaya produksi, kamu juga bisa membuat lapisan cokelat dengan tingkat kemanisan yang cocok untuk berbagai hidangan. Glaze cokelat yang lebih tebal biasanya dicapai dengan menambahkan pemanis seperti gula agar terlihat padat. Jenis lapisan cokelat ini pas banget untuk menutupi donat, kue kering, hiasan kue, dan banyak hidangan penutup lezat lainnya.

Resep glaze cokelat ini menggunakan gula halus sebagai pemberi rasa dan pengental alami. Kalau dapur usahamu nggak punya gula halus, kamu bisa membuatnya dari gula pasir dengan bantuan blender atau food processor. Juga, siapkan air panas untuk mengatur ketebalan lapisan cokelat yang mau kamu buat.

Untuk resep ini, kamu akan membuat lapisan cokelat menggunakan kompor, jadi kamu butuh panci dan spatula untuk memasaknya.

Bahan-bahan:

  • 2 sendok makan mentega tawar
  • 2 kg Tulip Black Chocolate Compound, cincang halus
  • 1 gelas gula halus
  • Air panas secukupnya

Cara Membuat Glaze Cokelat:

Nyalakan api kecil, lalu campurkan mentega dan cokelat dalam panci. Aduk sampai meleleh dengan rata. Perhatikan terus agar cokelatnya nggak gosong saat dimasak. Kalau cokelat kamu gosong, baca artikel kami sebelumnya soal cara menyelamatkan ganache yang hangus. Ayak gula halus dengan saringan. Lalu, masukkan gula halus yang sudah diayak ke dalam cokelat yang sudah meleleh. Kocok campurannya, lalu tambahkan air panas.

Di langkah ini, kamu bisa menentukan ketebalan lapisan cokelat yang kamu mau. Kalau kamu mau lapisan cokelat yang tipis dan encer, tambahkan sedikit air panas. Kalau kamu mau lapisan cokelat yang tebal dan padat, tambahkan sedikit gula. Yang penting, lapisan cokelatnya nggak boleh terlalu lengket, bikin susah dituang. Pada langkah ini kamu biasanya akan bertemu dengan masalah konsistensi ketebalan. Baca artikel sebelumnya tentang cara memperbaiki ganache yang terlalu encer dan cara mengencerkan ganache yang terlalu kental kalau kamu menemukan masalah di tahap ini.

Setelah ketebalannya sesuai, tuang lapisan cokelat atau celupkan hidangan penutup yang sudah disiapkan ke dalamnya. Kamu juga bisa menambahkan topping lain sesuai selera, seperti meses dan kacang-kacangan yang dihancurkan. Gunakan spatula kalau perlu untuk meratakan lapisan cokelatnya. Lapisan cokelat akan mengeras saat dingin, lamanya tergantung pada suhu ruangan.

Cokelat glaze yang sudah dibuat harus dituang segera, karena bisa mengeras kalau dibiarkan. Tutup lapisan cokelat dengan plastik kalau kamu nggak mau menuangnya langsung. Kalau sudah mengeras, nggak usah khawatir. Kamu bisa panaskan lagi sampai meleleh untuk digunakan dengan mudah.

Tips Glaze Cokelat Tambahan Untuk Pemula

Kalau kamu baru dalam pembuatan cokelat glaze, ada beberapa tips tambahan yang rasanya bisa aku bagikan. Yang pertama, pastikan kamu tau teori kontrol suhu dalam pembuatan desert secara umum, atau glaze secara spesifik. Kedua, kenali semua masalah umum dalam pembuatan ganache agar kamu mengerti cara menghindarinya dan tau cara mengatasinya ketika terjadi. Dan yang ketiga, tentunya jangan pernah berhenti berlatih dan berkarya di dapur dessertmu. Semakin tinggi jam terbangmu dalam menangani glaze cokelat, semakin mudah kamu membuat glaze cokelat yang konsisten dan sempurna setiap saat.

Anindya Nufa
Penulis budiman, food enthusiast, student of life, pokoknya yang baik-baik aja deh lol

Related Stories

Discover

Resep Pancake Blueberry

Resep Pancake Blueberry Hari ini aku akan bagikan resep Pancake Blueberry yang pastinya bakal membangkitkan...

Resep Bibimbap Korea ala Rumahan

Resep Bibimbap Korea ala Rumahan Halo semuanya! Kali ini saya akan mengajak kalian semua untuk...

Keunggulan Fondant dalam Pembuatan Kue

Waktu aku pertama kali terjun ke dalam bisnis dekorasi kue, salah satu pertanyaan dasarku...

Miskonsepsi Tentang Fondant yang Beredar di Masyarakat

Aku pribadi ga heran kalau banyak miskonsepsi tentang fondant di masyarakat umum. Karena memang...

Resep Ayam Panggang Bumbu Jeruk

Resep Ayam Panggang Bumbu Jeruk Bicara soal menu makan malam, kita ga cuma bicara soal...

Resep Bubur Oat dengan Keju Cheddar

Bubur Oat dengan Keju Cheddar Ingin memulai hari dengan sarapan yang lezat dan mengenyangkan? Bubur...

Terbaru dari Instagram

Featured

Resep Terbaru

Our Cakes!

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here