Potongan 10% untuk pembelian ulang tahun berikutnya!

[email protected]

+62857 8080 8040

7 Masalah Umum Pembuatan Ganache dan Solusinya

Dalam dunia pembuatan kue, ganache sering dianggap sebagai seni yang memadukan rasa dan tekstur dengan presisi. Namun, di balik kelembutan dan kilauannya, ada langkah-langkah pembuatan yang butuh perhatian ekstra. Kesalahan sekecil apapun dalam proses pembuatannya bisa merubah ganache dari karya seni menjadi bencana. Ada beberapa masalah umum dalam pembuatan ganache yang tidak hanya terjadi pada pemula, tapi juga di dapur-dapur kue profesional.

Maka dari itu, menghadapi tantangan dalam menghasilkan ganache yang sempurna adalah kenyataan yang tidak terhindarkan bagi seorang pembuat kue. Dari masalah kontrol suhu cokelat hingga konsistensi yang tidak pas, artikel ini akan membongkar enam kesalahan umum yang sering dilakukan dalam pembuatan ganache dan memberikan panduan tentang cara menghindarinya serta solusinya masing-masing. Jadi, mari kita masuki dapur dan pelajari cara menyiasati setiap kesalahan untuk menciptakan ganache yang sempurna.

PS: Artikel ini tidak akan membahas lengkap masing-masing masalah dan solusi, tapi akan mengarahkan kamu ke masing-masing artikel yang telah membahas lengkap masalah-masalah tersebut.

Cara Memperbaiki Ganache Cokelat yang Pecah (Split)

ganache pecah atau split

Ganache yang pecah atau split kadang terjadi terutama ketika kamu baru mulai membuat ganache. Tanda-tanda ganache kamu pecah adalah ketika kamu tarik ke atas dengan sendok, ganache yang harusnya mengalir seperti susu kental manis malah terputus-putus. Selain itu akan tampak jelas terpisahnya antara minyak dan cokelat yang membuat tekstur ganache susah diaplikasikan ke kue untuk keperluan apapun itu.

Berikut ini beberapa kemungkinan kenapa ganache kamu terpacah-pecah atau split.

  • Perbandingan suhu yang tidak tepat
  • Emulsi yang gagal
  • Kontaminasi dengan air
  • Pemrosesan yang terlalu kasar

Untuk pembahasan rince mengenai masing-masing poin di atas, lengkap dengan solusi menangani ganache yang pecah, langsung aja baca disini.

Cara Mengencerkan Ganache yang Terlalu Kental dan Tebal

ganache terlalu kental

Ganache yang terlalu kental adalah salah satu masalah umum lain yang sering di dapati di dapur kue. Konsistensi yang tepat adalah kunci kesuksesan sebuah ganache. Ketika ganache buatanmu terasa seperti adonan karet, ini berarti ganachemu terlalu tebal. Ganache yang terlalu tebal dan kental akan susah diaplikasikan ke kue, mau itu sebagai cover atau isian. Ada beberapa kemungkinan kenapa ganache kamu bisa seperti ini.

  • Penggunaan Rasio yang Tidak Tepat
  • Suhu yang Salah
  • Waktu Pencampuran yang Berlebihan

Pembahasan lengkap setiap poin di atas sudah aku bahas lengkap sebelumnya. Di artikel tersebut juga sudah kami bahas tanda-tanda ganache kamu akan menjadi terlalu kental sehingga bisa kamu lakukan antisipasi sebelumnya. Selain itu tentu kami bahas juga solusi untuk mengencerkan ganache yang sudah terlanjur rusak karena kekentalannya yang ga pas. Silahkan baca disini ya.

Cara Memperbaiki Ganache Cokelat yang Terlalu Tipis

ganache terlalu encer

Bicara soal ganache kita tentu bicara soal balance dan konsistensi. Kalau di salah satu sisi esktrim ada ganache yang terlalu kental dan tebal, di sisi ekstrim yang satu tentu ada ganache yang terlalu tipis dan encer. Keduanya sama-sama masalah dan sama-sama umum terjadi. Tandanya mudah dikenali: kalau ganache kamu lebih seperti air, itu berarti ganache kamu terlalu tipis. Ketika ganache kamu terlalu encer, mau dipakai untuk isian atau cover akan susah.

Ada beberapa alasan kenapa ganache kamu bisa encer seperti ini. Antara lain:

  • Penambahan krim yang terlalu banyak
  • Krim yang terlalu panas
  • Konsistensi cokelat yang terlalu cair
  • Perbandingan yang tidak tepat

Aku sudah menulis artikel lengkap mengenai tanda-tanda, penyebab, cara mencegah dan cara memperbaiki ganache cokelat yang terlalu cair seperti ini. Silahkan bisa langsung kamu baca disini.

Cara Menyelamatkan Ganache yang Terbakar atau Hangus

ganache yang terbakar

Ganache yang hangus atau terbakar adalah salah satu kesalahan umum yang bisa terjadi pada ganache kamu. Ini erat sekali kaitannya dengan penguasaan suhu atau kontrol tempratur yang buruk. Ketika seorang pembuat kue tidak menyadari pentingnya menguasai kontrol suhu dalam pembuatan ganache, masalah ini akan lebih sering terjadi. Ganache yang terbakar akan memberikan bau hangus yang cukup mengganggu, pada tingkat hangus parah bisa menyengat. Jika tetap dipaksakan untuk digunakan akan memberikan kesulitan dalam pengaplikasiannya dan juga rasa pahit di cokelatnya.

Berikut ini beberapa kemungkinan yang menyebabkan ganache kamu terbakar atau hangus.

  • Suhu yang terlalu tinggi
  • Kurangnya pengawasan
  • Peralatan yang tidak sesuai
  • Kontak langsung dengan api
  • Takaran yang tidak tepat

Setiap kemungkinan di atas sudah aku bahas lengkap di artikel terpisah. Di artikel tersebut juga aku bahas tentang pencegahan dan cara menyelamatkan kalau ganache kamu udah terlanjur gosong. Langsung aja baca disini ya.

Cara Mengatasi Ganache yang Bergelembung

ganache yang bergelumbung

Ganache yang bergelembung adalah salah satu masalah umum lain yang biasa kamu temukan dalam pembuatan ganache. Kalau ganache kamu seperti ini, akan sangat sulit untuk mengaplikasikannya terutama untuk mengcover kue. Idealnya, tekstur permukaan ganache pada kue itu lembut dan mengkilap. Gelembung udara pada ganache akan sangat mempengaruhi estetika tentunya. Ada beberapa alasan kenapa ganache kamu bisa bergelembung, antara lain:

  • Cokelat terlalu panas
  • Pengadukan berlebihan
  • Pengaplikasian terlalu cepat
  • Permukaan kue yang kasar

Di artikel sebelumnya sudah aku jelaskan setiap poin kesalahan umum di atas yang bikin ganache kamu bergelembung udara. Ingat, ganache yang bergelembung masih bisa diselamatkan dalam kebanyakan kasus, jadi jangan langsung dibuang ya. Untuk cara menghindari dan mengatasinya bisa kamu baca disini.

Cara Mengatasi Ganache yang Tidak Mau Mengeras

ganache tidak mengeras

Masalah yang satu ini lebih sering terjadi kepada ganache yang akan digunakan untuk meng-cover kue. Salah satu masalah umum ganache untuk cover kue adalah ganache tidak mau mengeras atau yang biasa lebih dikenal dengan istilah ‘set’. Sebelum kue dibungkus dengan fondant, ganache sebaiknya sudah harus kokoh dan set, menyatu dengan kue. Ketika ganache tidak set, proses dekorasi tidak akan bisa dimulai bukan hanya karena akan sangat sulit, tapi juga akan memperburuk keadaan.

Ada beberapa kesalahan umum yang biasanya menjadi alasan kenapa ganache kamu tidak bisa mengeras atau set. Diantaranya:

  • Rasio cokelat dan krim
  • Suhu krim
  • Kualitas bahan
  • Proses penggabungan

Sebagai dekorator kue, masalah yang satu ini adalah masalah yang dulunya paling sering terjadi di dapur aku. Permasalahan ini udah aku kupas tuntas dari tanda-tanda, cara menghindarinya sampai ke cara mengatasinya. Baca disini ya.

Cara Memperbaiki Ganache yang Terkena Air

ganache terkena air

Yang satu ini juga adalah masalah yang umum terjadi dalam pembuatan ganache, terutama karena sangat berkaitan dengan keteledoran yang mudah sekali terjadi. Ganache yang terpapar air akan kehilangan kekentalan yang menyebabkan perubahan tekstur tergantung dari sebanyak apa ganachenya terpapar air. Ganache yang seharusnya kental dan halus bisa menjadi kasar dan pecah-pecah. Bisa juga terjadi perubahan pada tampilannya yang harusnya mengkilap malah menjadi pudar disertai dengan bercak dan gumpalan-gumpalan.

Paparan air terhadap ganache ini bisa datang dari beberapa hal. Misalnya cuaca yang lembap, penyimpanan yang salah atau bahkan kesalahan kecil dalam pembuatan kue seperti ganache yang terkena cipratan air dari tangan atau tempat memproses ganache yang terlalu dekat dengan tempat pencucian. Di artikel sebelumnya udah aku bahas secara rinci bagaimana mengidentifikasi ganache yang terkena air, mengatasi dan menyelamatkannya agar bisa tetap digunakan. Selengkapnya baca disini ya.

Ananda Debihttps://dapoernde.com
Founder dan owner Dapoer Nde. A wife, a mother and a believer.

Related Stories

Discover

Resep Pancake Blueberry

Resep Pancake Blueberry Hari ini aku akan bagikan resep Pancake Blueberry yang pastinya bakal membangkitkan...

Resep Bibimbap Korea ala Rumahan

Resep Bibimbap Korea ala Rumahan Halo semuanya! Kali ini saya akan mengajak kalian semua untuk...

Keunggulan Fondant dalam Pembuatan Kue

Waktu aku pertama kali terjun ke dalam bisnis dekorasi kue, salah satu pertanyaan dasarku...

Miskonsepsi Tentang Fondant yang Beredar di Masyarakat

Aku pribadi ga heran kalau banyak miskonsepsi tentang fondant di masyarakat umum. Karena memang...

Resep Ayam Panggang Bumbu Jeruk

Resep Ayam Panggang Bumbu Jeruk Bicara soal menu makan malam, kita ga cuma bicara soal...

Resep Bubur Oat dengan Keju Cheddar

Bubur Oat dengan Keju Cheddar Ingin memulai hari dengan sarapan yang lezat dan mengenyangkan? Bubur...

Terbaru dari Instagram

Featured

Resep Terbaru

Our Cakes!

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here